Wednesday 16 January 2019


 Wow keren, 7 Prodi S1 Akan Reakreditasi Tahun 2018


Assalamualaikum, saya akan sedikit member informasi mengenai  prodi-prodi yang akan reakreditasi  wah keren bukan.Yuk langsung simak dan scroll…





 Wah Sebanyak 7 program studi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan kembali diakreditasi pada tahun 2018.  Dari Ketujuh prodi tersebut adalah Aqidah Filsafat, Pendidikan Bahasa Inggris, Tadris Fisika, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Dokter dan Pendidikan Matematika. 


Dalam rapat tersebut, Koordinator Akreditasi LPM, Iwan Permana, menyampaikan beberapa hal penting terkait proses akreditasi dengan berpedoman pada UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003. Pertama,
Satuan Pendidikan (Prodi dan Universitas) hanya diperbolehkan menerbitkan ijazah setelah Satuan Pendidikan tersebut terakreditasi. Kedua, Apabila diketahui ada perorangan, organisasi atau penyelenggara pendidikan yang menerbitkan ijazah tanpa hak (tidak mengikuti peraturan) maka terancam dipidana selama 10 tahun, atau mendapatkan pidana denda sebesar satu milyar rupiah.


Dalam kesempatan itu, Iwan juga menyampaikan tentang pentingnya memperhatikan pasal 8 ayat 3 Permendikbud No. 59 tahun 2012 yang menyatakan bahwa Satuan Pendidikan wajib mengajukan kembali akreditasi 6 bulan sebelum masa akreditasi sebelumnya berakhir. Bila hal ini diabaikan dan program studi kemudian terbukti mengeluarkan ijazah saat program studi tidak terakreditasi maka gelar akademik para mahasiswanya dinyatakan tidak syah (Pasal 28 ayat 2, UU Sisdiknas Nomor 12 tahun 2012).




LPM UIN Jakarta, dalam kesempatan itu juga mengundang 3 program Magister yang masih terakreditasi C dan 6 prodi baru yang akan mengajukan prodes akreditasi minimal. Pertemuan tersebut diharapkan menghasilkan kesepahaman dan kesepakatan tentang pentingnya memahami peraturan agar terhindar dari permasalahan di masa yang akan datang.




sumber :

 http://lpm.uinjkt.ac.id/940-2/

No comments:

Post a Comment