Tuesday 2 October 2018

Dampak Negatif Pada Merkuri


DAMPAK NEGATIF PADA MERKURI




Kalian pasti sudah tidak asing mendengar kata-kata senyawa kimia yang dikenal dengan merkuri. Pasti di benak kalian langsung terlintas dengan efek negatif nya mari kita simak saya akan membahas efek dari merkuri.


Apa itu merkuri?
Merkuri atau yang juga disebut air raksa (Hg) adalah salah satu jenis logam yang banyak ditemukan di alam dan tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara sebagai senyawa anorganik dan organik.
Merkuri yang ada di dalam tanah, air, dan udara relatif rendah. Berbagai jenis aktivitas manusia yang dapat meningkatkan kadar merkuri menjadi tinggi, misalnya aktivitas penambangan yang dapat menghasilkan merkuri sebanyak 10.000 ton per tahun.

Dampak Merkuri

      Polusi di air Sungai

Penambangan emas ilegal dan penambangan emas tradisional di Indonesia, masih banyak yang menggunakan cairan merkuri untuk mempercepat proses.Para penambang ini mencampurkan air, tanah yang mengandung emas dan cairan merkuri.Limbah air sungai yang sudah tercampur dengan merkuri tersebut dibuang secara sembarangan ke aliran sungai.

      Polusi di Atmosfir

Limbah tambang emas, asap industri ataupun asap pembangkit tenaga batubara yang melepaskan merkuri ke atmosfir.Bernafas di udara yang me-ngandung merkuri tidak begitu berbahaya, akan tetapi merkuri yang mengudara akan menyatu dengan air hujan yang kemudian akan menambah polusi di perairan Indonesia.

           
      Bio Akumulasi

Jika merkuri sudah mencemari makhluk hidup di perairan, akan terjadi bio akumulasi pencemaran dimana pada rantai makanan terakhir yakni ikan besar (pemangsa terakhir) akan mengandung banyak racun merkuri ditubuhnya.Akibatnya, kita dapat memakan terlalu sering jenis ikan tersebut(seperti:Tuna),karena sudah terkontaminasi terlalu  banyak merkuri dan sangat berbahaya bagi kita.

      Kerusakan Pada Manusia

Merkuri dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan perkembangan organ.Dapat juga terserap terutama pada tubuh wanita,hingga pada saat mereka hamil atau menyusui, dapat membahayakan bayinya.















https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/bahaya-merkuri-kesehatan/

6 comments: